Thursday, October 29, 2015

Menikmati Senja di Pulau Kelor



Setelah selesai mengeksplorasi Pulau Onrust perjalanan kembali dilanjutkan ke Pulau Kelor yang lokasinya tidak jauh. Hanya dengan waktu 10 menit kita sudah mendarat di pulau yang dahulu dikenal sebagai pulau Kherkof. Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda. Kami menemukan pemandangan indah ketika hari mulai memasuki senja. Benteng Mortello yang berada di tepi pantai terlihat indah bersanding dengan pohon tua yan daunnya mulai berguguran karena kemarau. Ditambah lagi dengan suasana menjelang senja.

Menjelang malam kami sudah kembali ke Pulau Bidadari untuk beristirahat. Esoknya tepatnya jam 4 subuh kami kembali ke Pulau Kelor untuk melihat pemandangan sunrise. Setelah itu kembali ke Pulau Bidadari untuk melakukan sarapan pagi dan siap-siap melakukan water sport banana boat di depan dermaga Pulau Bidadari. Setelah puas kami segera kembali ke kamar dan bersiap untuk kembali ke Jakarta.

Siluet Benteng Martello di Pulau Kelor (Foto : Harris Maulana)
Saat mentari mulai naik di Pulau Bidadari
Menjajal adrenalin dengan banana boat dengan latar belakang Pulau Onrust (Foto : Harris Maulana) 

Sungguh sebuah pengalaman baru menjelajahi pulau-pulau yang sarat dengan sejarah kolonial selain menikmati pesona bahari di utara Jakarta. Namun dengan mempelajari sejarah ini bukan mengungkit kejayaan penjajah. Seperti yang tertulis dalam sebuah poster di Museum Onrust, "Pemugaran bangunan-bangunan peninggalan jaman Belanda bukan mengingat kejayaan kolonial, namun ingin menampilkan fakta bahwa penjajahan itu memang pernah ada. Penjajahan Belanda di Indonesia adalah bagian dari sejarah panjang bangsa Indonesia. Bila bangunan pada masa penjajahan Belanda dihancurkan semua, generasi mendatang tidak akan lagi pernah melihat bukti-bukti penjajahan itu."


1 comments:

tempat yang indah, senang keika membaca blog para traveler. karena bisa melihat sisi indah Indonesia di mana saya belum pernah ke sana. salam kenal mas

Post a Comment